• Who Am I

    Cari

    Minggu, 09 November 2014

    Perubahan From Yourself




       Perubahan adalah perpindahan pola pikir, pola sikap atau mental seseorang untuk menjadi manusia yang lebih baik atau bahkan sebaliknya. Kita sering menyaksikan sendiri baik itu teman, keluarga, dan lain sebagainya melakukan suatu perubahan yang drastis dalam kehidupan mereka.

       Pada dasarnya melakukan suatu perubahan bukanlah hal yang mudah kita lakukan. Karena akan banyak rintangan atau godaan yang akan menghambat perubahan tersebut, baik itu dari pihak teman, lingkungan, ataupun keluarga. Sehingga kita bisa-bisa berubah dijalan yang salah.

        Saya ingin berbagi cerita sedikit. Saya mempunyai seorang teman namanya Rio (nama samaran) waktu SMA dia adalah seorang yang taat beribadah misalnya sholat 5 waktu. Dia juga menjadi salah satu anggota remaja masjid. Tapi apa yang yang terjadi setelah ia lulus SMA dan kuliah diluar kota. Dia berubah 180°. Hidupnya mulai kacau, merokok, sholatpun jarang itu semua terjadi karena pergaulan. Pergaulanlah yang membuat dia seperti itu. Dia bergaul sama orang yang salah, sehingga dia terjerumus dijalan yang salah.

        Walaupun tidak mudah kita lakukan, bukan berarti kita tidak dapat berubah. Perubahan dapat kita lakukan jika ada keinginan yang kuat dalam diri kita. Bukan hanya sekedar keinginan tapi harus ada realisasi dalam kehidupan nyata maksudnya adalah harus ada tindakan yang kita lakukan. Dimulai kita rubah pemikiran, pemahaman, dan sikap kita menjadi pribadi yang lebih baik. Dan ingat lingkungan ataupun pergaulan juga sangat menentukan. Kita harus pintar-pintar memilih kawan. Apakah kita yang mewarnai mereka ataukah kita yang diwarnai mereka ?. Sebersih-bersinya orang, jika dia jatuh di air yang kotor maka ia akan ikut kotor juga.

       Dan yang paling penting adalah alangkah baiknya jikalau kita melakukan perubahan selalu berlandaskan aturan Allah SWT atau hukum islam. Agar perubahan yang kita lakukan senantiasa mendapatkan Ridho dari Allah SWT dan dapat berjalan dengan lancar.

        Ingatlah wahai sahabat "sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka" (TQS. Ar-Ra'd [13] : 11). Jadi perubahan itu berawal dari kita, dari usaha kita sendiri bukan dari orang lain. Orang lain boleh saja memotivasi diri kita untuk berubah tetapi kita sendiri yang memilih dan menentukan apakah kita mau berubah atau tidak. Dan satuhal pula yang perlu kita ingat, bahwa untuk melakukan perubahan bukanlah dengan menunggu hidayah dari Allah SWT melainkan kita menjemput hidayah tersebut. Allah telah memberikan kita karunia berupa akal untuk kita umat manusia senantiasa berpikir untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Technology

    Travel