• Who Am I

    Cari

    Senin, 21 November 2016

    Bos Or Leader


    Menjadi  seorang  bos  merupakan  hal  yang diidamkan oleh sebagian atau bahkan semua orang. Jika kalian disuruh memilih, mau jadi apa kalian Boss or Leader ? maka kalian akan menjawab apa ?. Kalau saya tentunya akan memilih untuk menjadi seorang Leader. Karena antara kedua hal tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.  Mau tahu apa saja perbedaanya ? mari kita simak perbedaan diantara keduanya  :

    1.      Boss "marah", Leader"motivasi"
    Jika seorang karyawan atau bawahan membuat kesalahan maka boss akan memarahi atau meneriakinya. Ini tentunya berbanding terbalik dengan leader. Seorang pemimpin tentunya akan memberikan motivasi agar kesalahan tesebut tidak terulang kembali.

    2.      Boss "ditakuti", Leader dikagumi.
    Mereka akan melakukan apa saja untuk membuat hati si boss senang hanya karena mereka takut kepadanya. Tetapi pada leader, karyawan melakukan apa saja untuk membuat Leadernya senang sebagai bentuk kekaguman dan menunjukan bahwa anda adalah pemimpin yang inspiratif bagi mereka.

    3.      Boss "Kalian", Leader "kita"
    Kedua kata diatas tentunya memiliki arti yang berbeda. Seorang Boss jika memberikan suatu perintah kepada karyawannya. tentu dia akan mengatakan “tolong kalian kerjakan” tugas tesebut. Namun seorang Leader tentu akan mengatakan “mari kita kerjakan”.

    4.       Boss "memerintah", Leader "mendorong"
    Seorang Boss hanya akan bisa memerintah bawahannya untuk melakukan sesuatu. Tetapi seorang pemimpin akan mendorong karyawannya dengan ikut andil dalam pekerjaan tersebut.

    Pernyataan diatas hanyalah beberapa perbedaan antara Boss dan Leader. masih banyak lagi perbedaan diantara kedua hal tersebut. Masih maukah anda menjadi seorang Boss ? Yang perlu kita ketahui bersama tidak semua Boss termasuk dalam pernyataan diatas, tentunya ada beberapa yang dikategorikan sebagai Boss ideal. Sebaik-baiknya boss adalah yang memiliki jiwa kepemimpinan dalam dirinya. Seorang Leader tentu bisa menjadi seorang Boss, tetapi seorang Boss belum teentu bisa menjadi seorang Leader.

    Semoga bermanfaat.

    Salam
    La Ode Muhammad Alsharif




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Technology

    Travel